Pengertian Ilmu dan Ilmu Pengetahuan


Pengertian Ilmu dan Ilmu Pengetahuan

  • Pengertian Ilmu
       Secara entimologi, kata Ilmu berasal dari bahasa Arab "ilm" yang artinya mengerti, paham, serta mengetahui. Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. 
      Menurut Ns. Asmadi, Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).
     Menurut Harsojo, Guru Besar antropolog di Universitas Pajajaran, ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang disistematisasikan.
    Dapat disimpulkan bahwa ilmu bukan hanya sekedar pengetahuan namun ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis  yang telah diuji dan diakui oleh bidang ilmu tertentu dan ilmu bersifat umum.


  • Pengertian Ilmu Pengetahuan


           Pengertian ilmu pengertahuan menurut Helmy A. Kotto, bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang terus menerus sampai dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.
         Dadang Ahmad S, merumuskan bahwa pengertian ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang terus menerus hingga dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri.
         Ilmu pengetahuan memiliki fungsi untuk menjelaskan sebuah pengetahuan dan ilmu pengetahuan harus dapat menjelaskan faktor sebab-akibat dari suatu peristiwa atau kejadian. 
        Dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan merupakan  suatu bidang yang berasal dari berbagai pengetahuan yang didapatkan sebagai hasil dari suatu gejala yang dianalisa dan diperiksa secara teliti dengan menggunakan metode metode tertentu (secara rasional, sistematik, logis, dan konsisten) sehingga didapat penjelasan mengenai gejala yang bersangkutan. Jadi ilmu pengetahuan itu konkrit dan tidak terbatas, yaitu dapat diukur kebenarannya. Kehadiran objek dan subjek tidak dapat dipisahkan atau memiliki keterkaitan satu sama lainnya


daftar pustaka: 


Comments

Popular Posts