Philipp Reis - Penemu Telepon


Philipp Reis atau Johann Philipp Reis lahir pada tanggal 7 Januari 1834. Ia merupakan seorang otodidak yang lahir di negara Jerman dan merupakan seorang ilmuwan serta seorang penemu. Reis membuat sebuah telepon make dan break pertama kali yang pada saat itu, telepon itu disebut dengan nama telepon Reis. Reis termasuk salah satu penemu yang sangat dikenal banyak orang yang tentunya hal ini dikarenakan kecerdasannya yang ada pada dirinya.

Reis terlahir di kota Gelnhausen, Jerman. Ibunya meninggal dunia saat Reis masih bayi. Setelah ibunya meninggal dunia, Reis dibesarkan oleh ibu dari ayahnya. Saat Reis berusia enam tahun, ia mengenyam pendidikannya pertama kali di kota Gelnhausen. Beberapa tahun setelah itu, ayah Reis meninggal dunia. Reis kemudian dipindah tempatkan ke Garnier Institute oleh wali dan neneknya. Saat berada disana, Reis berhasil memperoleh pelajaran bahasa Inggris dan Perancis, serta ia juga belajar pengetahuan yang didapatkannya dari perpustakaan.



Saat ia berusia 14 tahun, ia berhasil diterima di Hassel Institute. Saat disana, Reis memperdalam pelajaran bahasa Italia dan Latin. Ia kemudian melaksanakan magang sebagai dealer cat yang merupakan pembentukan JF Beyerbach pada tanggal 1 Maret 1850. Selama magang, ia bekerja dengan sangat baik yang membuatnya mendapatkan penghargaan dari Beyerbach. Ia mengisi waktu luangnya dengan belajar fisika dan matematika serta ikut menghadiri kuliah yang diajari oleh Profesor R. Bottger agar bisa mengenyam pendidikan di sekolah perdagangan.
Reis menyelesaikan pendidikan militernya pada tahun 1855 dan kembali ke Frankfurt untuk menjadi seorang guru ilmu pengetahuan dan matematika. Saat pulang ke kampung halamannya, ia menikah dengan perempuan dan memulai karir sebagai seorang guru pada tanggal 14 September 1859. Penelitiannya dalam membuat sebuah telepon, ia membayangkan listrik yang disebarkan melalui ruangan tanpa adanya bantuan material konduktor. Reis kemudian membuat sebuah makalah pada tahun 1859 yang berjudul “Pada Radiasi Listrik” dan mengirimnya ke Profesor Poggendorff namun ditolak.

Ia terus melakukan penelitian dan mengamati organ telinga. Ia kemudian membuat sebuah prototipe dari telepon yang bisa menempuh jarak hingga 100 meter. Pada awalnya hasil penelitiannya ini tidak menarik perhatian banyak orang. Setelah beberapa lama kemudian ada perusahaan standar telepon yang mau menerima hasil karyanya. Pada tahun 1854, Charles Boursel adalah peneliti pertama yang sudah memiliki rencana terlebih dahulu untuk dapat menyampaikan suara.
Hal ini yang menjadikan Bourseul adalah peneliti pertama yang sudah memikiran sebuah telepon listrik dan sudah mencoba untuk membuat idenya itu. Sedangkan Reis berhak mendapatkan kehormatan atas usahanya dalam mewujudkan ide itu agar bisa menerima dan mengirimnkan suara elektrik. Pada bulan Desember, Reis terbaring lemah karena menderita suatu penyakit. Ia meninggal dunia pada tanggal 14 Januari 1874 jam lima sore.

Daftar Pustaka
Admin. (July 28, 2016).  Profil & Biografi Philipp Reis. Retrieved
              from http://profilbos.com/2016/07/28/profil-biografi-philipp-reis/


Comments

Popular Posts