Skip to main content

Philipp Reis - Penemu Telepon


Philipp Reis atau Johann Philipp Reis lahir pada tanggal 7 Januari 1834. Ia merupakan seorang otodidak yang lahir di negara Jerman dan merupakan seorang ilmuwan serta seorang penemu. Reis membuat sebuah telepon make dan break pertama kali yang pada saat itu, telepon itu disebut dengan nama telepon Reis. Reis termasuk salah satu penemu yang sangat dikenal banyak orang yang tentunya hal ini dikarenakan kecerdasannya yang ada pada dirinya.

Reis terlahir di kota Gelnhausen, Jerman. Ibunya meninggal dunia saat Reis masih bayi. Setelah ibunya meninggal dunia, Reis dibesarkan oleh ibu dari ayahnya. Saat Reis berusia enam tahun, ia mengenyam pendidikannya pertama kali di kota Gelnhausen. Beberapa tahun setelah itu, ayah Reis meninggal dunia. Reis kemudian dipindah tempatkan ke Garnier Institute oleh wali dan neneknya. Saat berada disana, Reis berhasil memperoleh pelajaran bahasa Inggris dan Perancis, serta ia juga belajar pengetahuan yang didapatkannya dari perpustakaan.



Saat ia berusia 14 tahun, ia berhasil diterima di Hassel Institute. Saat disana, Reis memperdalam pelajaran bahasa Italia dan Latin. Ia kemudian melaksanakan magang sebagai dealer cat yang merupakan pembentukan JF Beyerbach pada tanggal 1 Maret 1850. Selama magang, ia bekerja dengan sangat baik yang membuatnya mendapatkan penghargaan dari Beyerbach. Ia mengisi waktu luangnya dengan belajar fisika dan matematika serta ikut menghadiri kuliah yang diajari oleh Profesor R. Bottger agar bisa mengenyam pendidikan di sekolah perdagangan.
Reis menyelesaikan pendidikan militernya pada tahun 1855 dan kembali ke Frankfurt untuk menjadi seorang guru ilmu pengetahuan dan matematika. Saat pulang ke kampung halamannya, ia menikah dengan perempuan dan memulai karir sebagai seorang guru pada tanggal 14 September 1859. Penelitiannya dalam membuat sebuah telepon, ia membayangkan listrik yang disebarkan melalui ruangan tanpa adanya bantuan material konduktor. Reis kemudian membuat sebuah makalah pada tahun 1859 yang berjudul “Pada Radiasi Listrik” dan mengirimnya ke Profesor Poggendorff namun ditolak.

Ia terus melakukan penelitian dan mengamati organ telinga. Ia kemudian membuat sebuah prototipe dari telepon yang bisa menempuh jarak hingga 100 meter. Pada awalnya hasil penelitiannya ini tidak menarik perhatian banyak orang. Setelah beberapa lama kemudian ada perusahaan standar telepon yang mau menerima hasil karyanya. Pada tahun 1854, Charles Boursel adalah peneliti pertama yang sudah memiliki rencana terlebih dahulu untuk dapat menyampaikan suara.
Hal ini yang menjadikan Bourseul adalah peneliti pertama yang sudah memikiran sebuah telepon listrik dan sudah mencoba untuk membuat idenya itu. Sedangkan Reis berhak mendapatkan kehormatan atas usahanya dalam mewujudkan ide itu agar bisa menerima dan mengirimnkan suara elektrik. Pada bulan Desember, Reis terbaring lemah karena menderita suatu penyakit. Ia meninggal dunia pada tanggal 14 Januari 1874 jam lima sore.

Daftar Pustaka
Admin. (July 28, 2016).  Profil & Biografi Philipp Reis. Retrieved
              from http://profilbos.com/2016/07/28/profil-biografi-philipp-reis/


Comments

Popular posts from this blog

Bakat dan Potensi Diri

Pada dasarnya, setiap orang pasti memiliki bakat dan potensi nya masing-masing sebagai anugerah Tuhan yang diberikan meski bakat dan potensi yang dilimiki tidak pernah sama antara satu dengan yang lainnya. Dengan berbagai macam bakat dan potensi inilah yang kemudian akan membantu kita untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai hal. Ketika seseorang tidak mampu menemukan bakat dan potensi dirinya, kemungkinan besar orang tersebut hanya akan melakukan pencapaian yang itu-itu saja sepanjang hidupnya. Orang itu tidak akan bisa berkembang dengan maksimal dan tidak akan mencapai titik terbaik di dalam hidupnya. Menurut saya, bakat merupakan sebuah sifat dasar dan kemampuan yang telah kita miliki sejak lahir. Setiap orang telah diberikan bakat nya masing-masing. Ada orang yang memiliki bakat di bidang olahraga, seni, akademik, dan lain-lain. Ada pula kata “bakat yang terpendam”, artinya bakat alami yang dimiliki sejak lahir tetapi tidak dikembangkan. Sedangkan, potensi merupakan bakat…

Fenomena Light Pillars

Light Pillar atau Pilar Cahaya
Light Pillars atau Pilar-Pilar Cahaya adalah fenomena visual alam berupa cahaya, berbentuk seperti struktur pilar yang bersinar mengarah keatas. Light Pillar merupakan fenomena alam yang diciptakan oleh pantulan cahaya dari kristal es di dekat permukaan yang paralel dari sebuah bidang horisontal. Cahaya dapat berasal dari matahari, biasanya terjadi saat matahari terbenam sehingga fenomena ini juga sering disebut sebagai pilar matahari. Fenomena ini juga bisa disebabkan oleh bulan atau dari sumber cahaya di bumi (terrestrial) seperti misalnya lampu jalan.


Fenomena Light Pillar biasanya muncul di daerah dingin dimana suhu didaerah tersebut mencapai dibawah 10° C, sayangnya daerah yang berada digaris Khatulistiwa seperti Indonesia tidak akan muncul fenomena ini. Light Pillar sering muncul di musim dingin ketika salju atau es kristal memantulkan cahaya dari sumber yang kuat seperti matahari atau bulan. Dibantu oleh suhu dingin, pilar cahaya akan muncul ketika …

Pengertian Ilmu dan Ilmu Pengetahuan

Pengertian Ilmu dan Ilmu Pengetahuan
Pengertian Ilmu      Secara entimologi, kata Ilmu berasal dari bahasa Arab "ilm" yang artinya mengerti, paham, serta mengetahui. Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. 
Menurut Ns. Asmadi, Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah). Menurut Harsojo, Guru Besar antropolog di Universitas Pajajaran, ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang disistematisasikan.     Dapat disimpulkan bahwa ilmu bukan hanya sekedar pengetahuan namun ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematisyang telah diuji dan diakui oleh bidang ilmu tertentu dan ilmu bersifat umum.

Pengertian Ilmu Pengetahuan

           Pengertian ilmu pengertahuan menurut Helmy A. Kotto, bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang terus menerus sampai dapat menjela…