BIOTEKNOLOGI YOGURT /ˈjoʊɡərt/



REVIEW PENEMUAN ILMIAH TERKAIT BIOTEKNOLOGI

FERMENTASI SUSU YOGURT

Related image

1.      Asal mula Yogurt
Manusia telah mengenal dan mengakrabi yogurt selama kurang lebih 4000 tahun. Di daerah Timur Tengah, yogurt menjadi salah satu makanan pokok seharihari, dibuat secara tradisional di rumah-rumah, dan dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat. Penduduk di belahan dunia tersebut percaya bahwa hasil Bioteknologi Fermentasi Susu 2 fermentasi susu dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah dan mengobati penyakit. Yogurt sebenarnya merupakan minuman tradisional di daerah Balkan dan Timur Tengah, tetapi saat ini sudah berkembang ke seluruh dunia. Yogurt merupakan salah satu produk hasil fermentasi susu yang paling tua dan cukup populer di seluruh dunia.
Bukti-bukti menunjukkan bahwa produk susu budidaya telah diproduksi sebagai makanan sedikitnya sejak 4.500 tahun lalu, sejak abad ke-3 SM. Sejarah ditemukannya fermentasi susu dimulai dengan cara yang tidak disengaja. Para pengembara di padang pasir di Timur Tengah yang membawa persediaan susu di wadah yang terbuat dari usus domba menjadi terkejut ketika mengetahui susu yang akan diminumnya telah menjadi setengah padat. Ternyata susu tersebut telah mengalami fermentasi akibat adanya bakteri dari usus domba. Kemungkinan karena kehausan, maka minuman susu yang telah mengalami fermentasi tersebut dengan terpaksa diminum juga. Ternyata rasa susu yang telah mengalami fermentasi tersebut cocok dengan lidah pengembara. Akhirnya susu yang difermentasi menjadi minuman yang lebih digemari dibandingkan dengan susu segara. Rasa susu yang difermentasi tersebut lembut, asam menyegarkan, dan lebih awet. Penduduk di daerah tersebut kemudian mempelajari proses pembuatan susu yang difermentasi. Mereka kemudian mengetahui cara membuat susu fermentasi yang kemudian dinamakan yogurt dengan menambahkan sedikit yogurt sebelumnya pada susu. Kebiasan ini kemudian menjadi tradisi dan bagian dari kebudayaan minum yogurt secara teratur.


2.      Dampak positif dan negatif
a.       Dampak positif
-          Menjaga tulang tetap sehat
-          Mudah dicerna
-          Mengandung bakteri baik
-          Mmebantu menurunkan tekanan darah tinggi
-          Baik untuk kesehatan kulit
-          Mengandung berbagai jenis vitamin
-          Meningkatkan kekebalan tubuh
-          Mengurangi risiko infeksi jamur
-          Meningkatkan kesehatan usus
-          Membantu menurunkan berat badan
b.      Dampak negatif
Mengkonsumsi yogurt secara berlebihan dalam sehari dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut:
-          Menimbulkan masalah pencernaan / diare
-          Sakit perut
-          Kembung
-          Diabetes
-          Obesitas
-          Penyakit jantung


3.      Perbedaan dari masa ke masa
Di India, sejak dahulu yogurt dimanfaatkan sebagai obat sakit perut. Disebutkan pula bahwa masyarakat Timur Tengah sudah akrab dengan yogurt sejak 4.000 tahun yang lalu. Sejak berabad silam pun, perempuan Persia menggunakan yogurt untuk masker yang bermanfaat menunda pengeriputan. Sampai sekarang pun manfaat ini masih bisa dirasakan. Baru sejak awal abad ke-19 manfaat yogurt bisa dibuktikan secara ilmiah oleh Ilya Metchnikoff,  seorang ilmuwan Rusia yang bekerja di Institut Pasteur, Paris. Metchnikoff mendapatkan, bangsa Bulgaria yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi yogurt (susu fermentasi) tetap sehat dalam usia lanjut.
Sejak saat itu berbagai kajian mengenai manfaat susu fermentasi terus diteliti. Susu fermentasi diketahui mengandung bakteri asam laktat yang mampu meningkatkan kerja enzim galaktosidase yang memudahkan pencernaan laktosa dalam usus, meningkatkan kualitas nutrisi, menurunkan kadar kolesterol darah, mencegah kanker dan mengatasi diare.


4.      Permasalahan yang timbul
Yogurt biasanya mengandung sejumlah kalori dan gula yang tidak sedikit. Itu sebabnya, jika terlalu banyak mengkonsumsi yogurt justru bisa menambah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, kalori yang diperoleh dalam sehari bisa melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Asupan gula yang berlebihan kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, kelebihan berat badan, hingga penyakit jantung. 
























Sumber:
Detikhealth. (2013). Ini Dia 10 Manfaat Sehat Yogurt. Di https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2263898/ini-dia-10-manfaat-sehat-yoghurt (di akses 15 April).
Kompas.com. (2009). Mengenal Sejarah Yoghurt. Di https://nasional.kompas.com/read/2009/10/02/12430353/mengenal.sejarah.yoghurt (diakses 15 April)
Nur, S. (2019). Jangan Berlebihan Makan Yoghurt, Ini Dampaknya untuk Kesehatan. Di https://www.timesindonesia.co.id/read/194859/20190101/052736/jangan-berlebihan-makan-yoghurt-ini-dampaknya-untuk-kesehatan/ (di akses 15 April)
Setiaputri, K. A. (2018). Meski Sehat, Makan Yogurt Berlebihan Juga Bisa Timbulkan Dampak Buruk. Di https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/efek-terlalu-banyak-makan-yoghurt/ (di akses 15 April)
Widodo, W. (2002). Bioteknologi Fermentasi Susu. Di http://www.academia.edu/download/35732856/FERMENTASI-SUSU.pdf (di akses 15 April).
Wikipedia. Yogurt,  https://id.wikipedia.org/wiki/Yoghurt (di akses 15 April).



Comments

Popular Posts