Fenomena Alam Bulan Kembar

Sebenarnya apa itu bulan kembar ? apakah benar satelit bumi ada dua dan menjadi kembaran bulan ? kenyataannya secara teori yakni salah. Dimana bulan kembar adalah fenomena planet Mars yang tingkat keterangannya sangat tinggi dan hampir mendekati terangnya rembulan. Padahal  Mars memiliki jarak yang lumayan jauh dari Bumi selain itu ada beberapa ahli yang membantah bahwa pantulan ini adalah Mars, karena planet merah ini tidak pernah bisa berkembang sebesar bulan. Sehingga faktanya bulan kembar adalah peristiwa optik bulan yang tampak kembar yang terjadi akibat pemantulan gelombang dari sebuah benda tertentu (masih dalam kajian yakni planet mars).

Proses Terjadinya Fenomena Alam Bulan Kembar

Karena masih dalam penelitian dan kajian, tentunya proses terjadinya bulan kembar belum sepenuhnya benar dan valid. Namun Lapan maupun pihak luar tengah menjelaskan spekulasi atau dugaan sementara kenapa bulan kembar bisa terjadi.
Planet Mars berada pada jarak yang sangat jauh dengan bumi, dimana ukuran bentangannya mencapai 34,56 juta mil. Hal ini menunjukan bahwa planet mars dengan ukuran yang tidak seberapa terlihat kecil dan juga seperti layaknya bintang dengan ukuran yang agak besar. Hal ini menyebabkan Mars tidak mungkin terlihat sebesar bulan ketika terang bulan. Selain itu, jarak yang bisa dianggap jauh namun karena Mars tepat disebelah bumi menyebabkan pantulan yang menampilkan sinar terang bisa dilihat di bumi dengan mata telanjang.
Rudy Yuwono yakni seorang pengamat Astronomi dari Universits Brawijaya, yang mengutip pertanyaan dari merdeka.com. Mengatakan bahwa fenomena alam ini termasuk yang langka, karena terjadi 270 tahun sekali yang tentunya nanti akan bisa disaksikan ketika tahun 2287 masehi.
Meskipun begitu banyak yang mengatakan bahwa bulan kembar memiliki ukuran yang sama dilangit, faktanya ukuran kedua benda angkasa tersebut bereda. Bulan tentu lebih besar dan lebih dekat. Sehingga terlihat sama ketika dilihat dari jauh padahal memiliki ukuran yang berbeda.Selain itu penampakan bulan kembar tergantung akan cuaca langit yang mendung atau justru terang benderang.
Fenomena bulan kembar pada tahun 2016 memang terjadi saat Mars sedang purnama, namun tidak ada yang menjamin bahwa itu adalah Mars, karena planet tersebut seharusnya terlihat seperti titik cahaya dan jauh lebih kecil dibanding purnama bulan. Terutama waktu itu karena terjadi di akhir bulan, purnama sudah tidak ada yang menandakan bahwa jelas itu juga bukan bulan purnama yang memberikan pantulan atau bayangan.
Selain itu, Mars memang bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang dan ukuran yang lumayan besar, namun anda harus menunggunya ratusan tahun. Karena Mars disebut dapat muncul sendiri setiap hari selama posisinya searah dengan matahari. Jadi dapat dilihat seperti layaknya bintang  di malam hari, hanya saja harus menggunakan bantuan. Bedanya bintang Mars berwarna merah yang tentunya menjadi ciri khas planet tersebut.

Dampak Adanya Fenomena Alam Bulan Kembar

Dampak Positif Adanya Fenomena Alam Bulan Kembar adalah ada beberapa dampak yang akan timbul akibat fenomena alam. Baik yang terjadi karena faktor buatan maupun faktor alami. Dampaknya pun berbeda-beda, bisa menjadi lebih positif atau pun lebih negatif.
Dampak positif dari sebuah fenomena alam adalah alam dapat meningkatkan kesadaran manusia akan alam dan kejadian yang terjadi disekitar kita. Selain itu, adanya fenomena alam manusia menjadi lebih cerdas akan hal yang disebut dengan solusi atau tingkat kepekaan manusia akan alam.

Comments

Popular Posts